EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified

Sabtu, 02 Maret 2013

Pkn 8


Latihan Soal Ulangan Kls VIII materi KD1


1.       Kata ideology erasal dari bahasa….
2.       Idea artinya
3.       Logos artinya
4.       Ideology artinya
5.       Fungsi ideology ada dua yaitu
6.       Manfaat ideology yaitu….
7.       Ideology negara Indonesia adalah….
8.       Ideology negara Cina adalah….
9.       Cita-cita bangsa Indonesia tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke….
10.   Lima cita-cita bangsa Indonesia yaitu….
11.   Tujuan bangsa Indonesia tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke….
12.   Tujuan bangsa Indonesia yang ke 1 adalah….
13.   Tujuan bangsa Indonesia yang ke 2 adalah….
14.   Tujuan bangsa Indonesia yang ke 3 adalah….
15.   Tujuan bangsa Indonesia yang ke 4 adalah….

Bab I Ideologi Pancasila - Modul Versi 2 Kelas VIII

BAB I

IDEOLOGI PANCASILA

STANDAR KOMPETENSI :
1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

KOMPETENSI DASAR :
I. 1. Menjelaskan Pancasila sebagai dasar Negara dan Ideologi Negara

INDIKATOR :
1. Menjelaskan pentingnya ideology bagi suatu bangsa dan negara
2. menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
3. Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
4. menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik
5. Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam bidang ekonomi

A. PENDAHULUAN
Mendirikan negara adalah ibarat mendirikan sebuah rumah. Jika orang membuat rumah dimulai membangun fondasi lebih dulu, apabila rumahnya bertingkat maka fndasinya harus lebih kuat,yang terbuat dari batu hitam yang kuat, dengan besi da semen, apabila tidak kuat maka bangunan itu akan mudah runtuh apabila ada gempa,badai,banjir atau bencana longsor dan lain sebagainya
Demikian juga mendirikan sebuah negara perlu fondasi yang kuat ,yang sanggup mendasari seluruh bangsa dan negara dan apa bila tidak kuat maka negara itu akan mudah roboh juga
Dalam materi pelajaran ini dibahas tentang betapa pentingnya Dasar negara bagi sebuah negara. Sebelum negara ini berdiri lebih dulu sudah dipersiapkan dasarnegara oleh lembaga BPUPKI yang kemudian diteruskan oleh PPKI . Dasar negara kita disebut Pancasila ,yang bagi bangsa Indonesia mempunyai banyak fungsi .
Ada beberapa penggagas tentang dasar negara dan ada beberapa konsep rumusan pada akhirnya yang disetujui untuk dipakai adalah dasar negara yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea 4 yang ditetapkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945,
Pancasila perlu difahami,dimengerti dan diamalkan dalam hidup sehari-hari agar tidak hanya menjadi ilmu belaka, dan harus dijaga keberadaannya serta wajib dilestarikan karena menurut pengalaman sejarah ada kelompok tertentu yang ingin mengganti dasar negara itu dengan dasar yang lain

B ARTI KATA DAN PENGERTIAN PANCASILA

Istilah Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta,istilah ini diambil dari buku Sutasuma karangan Empu Tantular pada jaman kejayaan Majapahit abad ke 14.
Secara etimologis istilah Pancasila terdiri dari dua kata yaitu Panca dan sila
Panca berarti lima dan sila berarti dasar,jadi Pancasila berarti lima dasar.
Pancasila adalah dasar Negara Indonesia
Ideologi berasal dari bahasa Yunani yaitu kata “Eidos” yang berarti bentuk.
Menurut : M Sastrapratedja pakar tatanegara Indonesia,
deologi adalah : Seperangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur
Dalam pengertian yang sederhana ideology dapat diartikan ilmu tentang cita-cita, gagasan ,yang dicita-citakan atau buah pikiran.
Setiap Negara yang berdiri selalu memerlukan ideology,untuk menyamakan pandangan ,harapan dan cita-cita,Negara seperti apa yang bakal didirikan dan yang sesuai dengan citra dan karakter bangsa Indonesia.
Para pendiri Negara dan pemimpin bangsa telah berhasil menggali Pancasila dari tengah kehidupan bangsa Indonesia ,yang selanjutnya menjadi Ideologi Negara.
Tunjukkanlah dalam peta Indonesia letak kerajaan Majapahit dan mengapa jaman dulu pernah mengalami masa kejayaan


C. SEJARAH LAHIRNYA PANCASILA

Unsur-unsur Pancasila sebenarnya sudah ada sejak jaman Majapahit bahkan jauh sebelumnya,namun unsure itu belum tersusun menjadi susuanan dan rumusan Pancasila yang sekarang kita kenal.
Unsur-unsur itu antara lain adalah :
1. sejak dulu nenek moyang bangsa Indonesia sudah mengenal aliran kepercayaan dan pecaya kepada kekuatan diluar manusia dan percaya kepada sang pencipta jagad raya
2. Pada jaman Majapahit sudah mengenal istilah Bhinneka Tunggal Ika , yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu juga
3. pada jaman dulu sudah mengenal gotong royong, bekerjasama membuat rumah dan menyelesaikan pekerjaan besar
4. Sudah mengenal musyawarah, seperti pepatah “Bulat air dipembulu, bulat kata dimusyawarah”
5. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

Unsur-unsur itu mulai digali dari tengah kehidupan bangsa Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia dikumpulkan disusun, diolah dan menjadi rumusan baru sejak jaman penjajahan Jepang.
Pada jaman penjajahan Jepang cita-cita kemerdekaan sudah ada diambang pintu oleh karena itu bangsa Indonesia dengan sigap mempersiapkan dasar dan ideology bagi bangsa yang merdeka dikelak kemudian hari
Jepang menjajah Indonesia selama 3 ½ tahun,dan selama itu dapat dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap awal, tahap tengah dan tahap akhir
Masing-masing tahap mempunyai cirri-ciri tersendiri ,marilah kita simak bersama cirri-ciri dari masing-masingn tahap itu seperti apa ?

1. Tahap awal
Jepang mendarat di P Jawa pertamakali pada bulan Maret 1942 dan ketika itu Indonesia masih ada dibawah kekuasaan Hindia Belanda
Jepang berhasil mengalahkan penjajah Belanda di Indonesia dalam waktu satu pekan saja.Agar kedatangannya diterima oleh bangsa Indonesia yang haus akan kemerdekaan dan orang Indonesia tidak mengadakan perlawanan terhadap kedatangan bangsa Jepang itu maka Jepang mulai mencari simpati dari bangsa Indonesia dengan propagandanya yang menarik seperti :
Mengaku sebagai saudara tua yang membatu adiknya untuk melawan penjajahan bangsa barat
Datang ke Indonesia bukan menjajah tapi ingin memberi kemerdekaan
Nipon Pemimpin Asia, Nipon pelindung Asia dan Nipon Cahaya Asia
Pada awal kedatangannya ini Jepang belum menunjukkan sikap yang keras dan kejam

2. Tahap tengah
Pada tahap awal pendudukan jepang kesannya baik , hanya untuk mengambil simpati bangsa Indonesia agar kedatangannya tidak dilawan dan bahkan diterima dengan baik ,tapi pada tahap tengah ini ternyata Jepang mengetrapkan pemerintahan yang keras dan kejam bahkan sampai ada kerja paksa yang disebut romusha, kekayaan diambil dibawa terbang ke Jepang dalam rangka untuk logistic Jepang dalam menghadapai perang Asia Timur raya , bagian dari PD II .
Bentuk kerja paksa itu antara lain tenaga rakyat diperas untuk:
• Membuat landasan lapangan terbang
• Membuat pelabuhan
• Membuat gua persembunyian
Akibat dari romusha ini rakyat Indonesia betul-betul menderita karena diperas tenaganya dan mendapat perlakuan kasar

Contoh :
Di Bandung Utara terdapat gua Jepang . Siapa sebenarnya yang mengerjakan membuat gua itu ? apakah orang –orang Jepang Sendiri ? apakah fungsi Gua pada waktu itu
Mengapa keberadaan gua pada waktu itu dirahasiakan ? Lalu bagaimana nasib orang Indonesia yang dikerja paksakan setelah gua itu selesai ?
Selain menerapkan Kerja paksa dan mengambil paksa kekayaan rakyat, Jepang juga melarang berbagai kegiatan politik pemuda Indonesia yang sudah dirintis sejak Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda.
Namun para pemuda tidak patah semangat, niat merdeka tetap berkobar dan mereka berjuang dan bergerak “ Dibawah tanah “ artinya secara diam-diam.

3. Tahap akhir
Pada tahap akhir penjajahannya di Indonesia, sikap jepang terhadap rakyat Indonesia agak kooperatif dan lebih lunak.Hal ini karena Jepang membutuhkan bantuan tenaga rakyat Indonesia dalam menghadapi Perang Asia Timur Raya supaya Jepang tidak terjepit lawan dari dua arah yaitu dari pihak sekutu dalam ranka PD II dan dari pihak rakyat Indonesia dalam rangka menuntut kemerdekaan lepas dari penjajahnya.
Dalam sistuasi seperti itu pemuda Indonesia menagih Janji yang pernah disampaikan oleh Jepang. Karena itulah Jepang lebih longgar dan agar rakyat Indonesia mau membantu maka Jepang berusaha mewujudkan janjinya, untuk itu maka Jepang kemudian membentuk lembaga yang disebut :
Dokuritzu Ziumbi Cosakai yang lebih dikenal dengan nama BPUPKI ( ? )
Tanggal 1 maret 1945 Jepang mengumumkan akan dibentuk BPUPKI,
Tanggal 19 April 1945 BPUPKI dilantik yang baranggotakan 60 orang diangkat sebagai Ketua Dr Rajiman Wedyodiningrat, dan RP Soeroso sebagai wakilnya.
Tanggal 29 Mei 1945 s/d 1 Juni 1945 mulai mengadakan sidang yang pertama
Dalam sidang itu ada tiga tokoh yang menyampaikan pidatonya yang terkenal menganai “ Pancasila sebagai dasar Negara”
Tiga tokoh itu ialah : Ir Soekarno, Mr Soepomo dan Mr Mohamad Yamin,yang masing-masing mempunyai konsep tentang Pancasila sebagai dasar Negara
Tanggal 10 s/d 17 Juli 1945 BPUPKI mengadakan sidang yang kedua
BPUPKI bekerja keras dan cepat . Dengan hanya dua kali bersidang,yang pertama 4 hari dan yang kedua 7 hari, namun hasilnya sangat luar biasa yaitu :
1 Pancasila diterima sebagai Dasar Negara
2 Undang-undang Dasar 1945 dapat selesai disusun
Tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI yang besar jasanya itu telah selesai melaksanakan tugasnya kemudian dibubarkan dan dalam waktu yang bersamaan pada waktu itu juga dibentuk badan baru yang disebut :
Dokuritzu Ziumbi Inkai yang lebih dikenal dengan PPKI ( ? )
Soekarno sebagai Ketua dan Mohamad Hatta sebagai Wakil Ketua.
Tanggal 18 Agustua 1945 PPKI mengadakan sidang yang menetapkan dan mengesahkan Undang-Undang Dasar ( stetelah adanya perubahan kecil disana-sini )
Tanggal 18 Agustus 1945 PPKI mengadakan sidang dan menetapkan masing-masing Soekarno sebagai Presiden dan Mohamad Hatta sebagai wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama
Tanggal 20 Agustus 1945 PPKI sidang lagi dan agendanya memilih dan menentukan 8 Gubernur untuk menduduki delapan propinsi
PPKI bekerja keras cepat dan giat dan berkat kegiatan mereka pada tanggal20 Agustus 1945 kita sudah lengkap memiliki:
1. Negara dengan wilayah : Bekas wilayah Hindia Belanda
2. Undang-undang Dasar lengkap yang dikenal dengan UUD 1945
3. Dasar Negara yang dikenal dengan “ Pancasila”
4. Presiden dan wakil Presiden
5. Gubernur untuk delapan propinsi


Soal latihan dan bahan refleksi
1. Mengapa Sikap jepang pada awalnya lunak dengan memberi banyak janji dan harapan kepada bangsa Indonesia ?
2. Mengapa sikap Jepang pada tengah penjajahannya berlaku sangat keras bahkan sampai melaksanakan romusha
3. Mengapa pada tahap akhir penjajahannya Jepang bersikap lebih lunak lagi terhadap bangsa Indonesia dan beri contohnya
4. Gambarkan peta Indonesia lengkap dengan pembagian menjadi delapan propinsi dan sebutkan propinsi mana saja ?
5. Bandingkan dengan sekarang yang telah menjadi 34 Propinsi
6. Terangkan mengapa Pulau Jawa yang relative lebih kecil dari palau Sumatra dan Kalimantan tapi ada lima daerah tingkat I ?

. PROSES PENYUSUNAN RUMUSAN PANCASILA

Secara asal muasal atau kausalitas, asal mula Pancasila dibedakan atas dua macam yaitu :

a. Asal mula langsung
Menurut Noto Negoro , asal mula Pancasila secara langsung ada empat tahap sebagai berikut :
1. asal mula bahan : Kausa material
2. asal mula bentuk : Kausa Formal
3. asal mula karya/kerja : Kausa efesiensi
4. asal mula tujuan akhir : Kausa final

b. Asal mula tidak lanngsung

1. Unsur-unsur dan nilai-nilaiyang terkandungdalam Pancasila yaitu mulai unsur atau nilai sila Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan keadilan itu sudah ada dan dimiliki oleh masyarakatt Indonesia dari Sabang sampai Merauke sejak dulu kala
Sejak dulu kala bangsa Indonesia sudah menyembah Tuhan menurut keyakinannya dengan caranya maing-masing
Sejak dulu kala bangsa Indonesia sudah menjalankan rasa kemusiaan,saling mengasihi sesame
Sejak dulu kala sudah memahami pentingnya persatuan dan kesatuan bahkan mereka mengenal semboyan Bhinneka Tunggal Ika hingga sekarang menjadi semboyan bangsa Indonesia
Sejak dulu kala sudah mengenal rembug desa yang sama dengan musyawarah

2. Sebelum Indonesia merdeka dan sebelum disusun menjadi rumusan sebagai dasar Negara nilai-nilai itu telah dipakai dimanfaatkan dihayati dan dijadikan pedoman dalam hidup bermasyarakat,juga dipakai untuk menyelesaikan masalah dan perkara yang muncul

3. Nilai-nilai itu sudah menjadi cerminan atau perwujudan kepribadian bangsa Indonesia
Proses dan penyusunan serta pengesahan Pancasila ini berlangsung secara tidak langsung sudah sejak jaman dulu dan secara langsung disusun dan dirumuskan sejak masa pendudukan jepang di Indonesia.
Ketika Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya maka sudah siap dengan dasar Negara yaitu Pancasila.

C. BEBERAPA KONSEP, GAGASAN ATAU RUMUSAN PANCASILA

1. Menurut Ir Soekarno ( dipidatokan dalam sidang BPUPKI )
1. Kebangsaan Indonesia
2. Internasionalisme atau perikemanusiaan
3. Mufakat demokrasi
4. Kesejahteraan social
5. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Menurut Mr. Soepomo ( dipidatokan dalam sidang BPUPKI )
1. Persatuan
2. Kekeluargaan
3. Keseimbangan lahir dan batin
4. Musyawarah
5. Keadilan rakyat

3. Menurut Mohamad Yamin ( dipidatokan dalam sidang BPUPKI
1. Peri Kebangsaan
2. Peri Kemanausiaan
3. Peri Ketuhanan
4. Peri Kerakyatan
5. Kesejahteraan Rakyat

4. Menurut Piagam Jakarta ( 22 juni 1945 )
1. Ketuhanan dengan menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmahkebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia

5. Menurut Pembukaan UUD 1945 ( 18 Agustus 1945 )
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusywaratan perwakilan
5. keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia

D. FUNGSI PANCASILA BAGI BANGSA INDONESIA

Pada tanggal 18 Agustus 1945 PPKI mengadakan sidang yang mengesyahkan dan menetapkan berlakunya UUD 1945 . dengan diberlakukannya UUD 1945 maka Pancasila juga dinyatakan berlaku sebagai Dasar Negara karena Pancasila dimuat dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4. dengan demikian pula Pancasila mempunyai banyak fungsi bagi bangsa Indonesia

1. Fungsi Ideologi pada umumnya

a. Ideology sebagai pengertia kognitif:
Maksudnya sebagai ilmu pengetahuan yang dipelajari dan dikembangkan difahami dan dikaji untuk memahami danmenafsirkan dunia dan kejadian alam sekitarnya

b. Ideologi sebagai orientasi dan arah
Maksudnya memberi arah suatu bangsa itu akan menuju kemana ? sebab jika tidak tahu arah aka tidak akan sampai cita-cita atau tujuan yang ideal

c. Idelogi sebagai pedoman hidup atau norma
Maksudnya dalam bernegara agar suatu bangsa tidakterombang ambingkan oleh pengaruh dari luar, dan dengan ideology akan berpegang teguh kepada prisip

d. Ideologi sebagai identitas
Maksudnya bahwa suatu bangsa perlu identitas diri atau jati diri sebab jika suatu bangsa sudah kehilangan jati diri maka ia tidak akan menjadi diri bangs itu sendiri dan ia akan menjadi seperti bangsa lain contoh : Bangsa jepang yang dengan jepas dan tegas mempunyai jati diri dan tidak harus westernisasi

e. Ideologi sebagai motivasi
Maksudnya ideology ini menjadi dorongan dan memberikan semangat kepada warga negaranya dalam hidup berbangsa dan bernegara dalam melangkah maju, melaksanakan pembangunan dalam rangka mencapai cita-citanya

2. Fungsi ideology Pancasila bagi bangsa Indonesia pada khususnya

a. Sebagai landasan ideal
Maksudnya bahwa Pancasila bagi bangsa Indonesia adalah sebagai dasar Negara . Dalam berbangsa dan bernegara Pancasila menjadi landasan dan pondamen yang kuat

b. Sebagai kepribadian bangsa
Maksudnya Pancasila adalah merupakan perwujudan atau pengejawantahan jati diri dan kepribadian bangsa Indonesia atau lebih spesifik adalah menjadi cirri khas bangsa Indonesia

c. Sebagai pandangan hidup bangsa
Maksudnya Pancasila adalah merupakan alat cara pandang bangsa Indonesia terhadap masalah-masalah yang akan memberikan arah dan tujuaannya dalam berbangsa dan bernegara

d. Sebagai Perjanjian luhur
Maksudnya Pancasila itu telah diuju oleh masa dan waktu serta berbagai peristiwa yang menerpa bangsa Indonesia namun betul-betul merupakan kehendak rakyat ketika jaman dulu, sebelum, dan sesudah proklamasi kemerdekaan

e. Sebagai ideology terbuka
Makasudnya Pancasila dengnan terbuka menerima pengaruh dari luar sejauh mana hal itu tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri

f. Pancasila sebagai alat pemerstu bangsa
Pancasila memiliki kekuatan untuk dapat mempersatukan seluruh bangsa Indonesia yang majemuk yang terdiri dari berbagai suku, agama, tradisi , adapt istiadat dan pebedaan lainnya

3. Tiga syarat ideology

Agar ideology sesuai dengan aspirasi masyarakat dan sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman maka harus memenuhi tiga syarat yaitu :
1. Ideology harus mengandung nilai dasar, yang bersumber dari masyarakat itu sendiri
2. Ideologi harus mengandung cita-cita nasional yang ingin dicapai oleh masyarakat itu
3. Ideologi harus bersifat terbuka menerima pengaruh dan unsure dri luar yang dianggap sesuai

SOAL LATIHAN DAN REFLEKSI
1. Beri masing-masing contoh ideology ;
a. Sebagai kognitif
b. Sebagai orientasi
c. Sebagai motivasi
d. Sebagai identifikasi
e. Sebagai norma
f. Sebutkan dan jelaskan suatu ideology yang memenuhi syarat itu yang seperti apa ?
g. Selain sebagai dasar nrgara maka apakah fungsi Pancasila yang lain ?
Jelaskan
2. Unsur-unsur Pancasila sudah ada sejak dulu kala ,kita tidak meniru dasar negara bangsa lain . apa komentarmu tentang itu
3. Apakah kamu sudah melaksanakan Sila Pancasila terutama sila Ketuhanan yang Maha Esa ?


E. LAMBANG NEGARA BURUNG GARUDA PANCASILA

F. MAKNA LAMBANG SILA-SILA PANCASILA

1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa

Dilambangkan dengan Bintang Emas,
Bintang maknanya yang nomor satu, atau yang utama dan Emas itu Mulia
Negara Indonesia adalah Negara bedasar atas Ketuhanan yang Maha Esa dan bukan berdasar atas suatu agama . namun dapat disebut bangsa yang religius
Sila ini mengandung pengertian bahwa bansa Indonesia adalah bangsa yang mengnakui dan percaya adanya Tuhan Yang maha Esa dan percaya pula bahwa kemerdekaan yang dicapai adalah atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa sebagai mana yang tercantum dalam pembukaan UU 194 alinea 3

2. Sila kemnusiaan yang adil dan beradab

Dilambangkan dengan Rantai Emas
Rantai maknanya adalah kumpulan mata rantai yang sama kedudukannya dan punya fungsi untuk memutarkan,menarik dan disana ada kekuatan, sedang emas adalah logam mulia yang tinggi nilainya
Sila ini mengandung pengertian bahwa setiap warga Negara adalah manusia yang mempunyai harkat dan martabat yang sama yang harus saling hormat menghormati dan saling menghargai dan mempunyai hak azasi yang harus dihormati.

3. Sila persatuan Indonesia

Dilambangdan denngan Pohon beringin
Pohon beringin adalah pohon yang besar dan senantiasa tumbuh berkembang semakin besar semakin kuat dan mengayomi tempat berteduh
Persatuan Indonesia ditengah keaneka ragaman, jadi sekaligus mengakui dan menghargai kemajemukan dan keanekaragaman
Bhinneka tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu , istilah ini diambil dari buku Sutasuma karanan empu Tantular pada jaman Majapahit
Kalimat dari jaman Majpahit itu oleh bangsa Indonesia dijadikan semboyan nasional dan kalimat itu dengan mudah dapat kita lihat pada bagian lambang Garuda Pancasila yaitu dicengkeram erat-erat oleh lambang negara tersebut

4. Sila kerakyatan
Dilambangkan dengan : Kepala Banteng
Kepala banteng menggambarkan rakyat kecil (Wong cilik ) Kecil tapi mempunyai kekuatan, Kedaulatan ada ditangan rakyat, Rakyat mengadakan musyawarah yang disemangati oleh Hikmah kebijaksanaan ( Roh kebijaksanaan )
Sila kerakyatan ini mengandung pengertian : “dari rakyat oleh rakyat bersama rakyat dan untuk rakyat” istilah lain adalah demokrasi

5. Sila keadilan

Dilambangkan dengan ; Padi dan kapas
Padai da kapas adalah melambangkan kebutuhan pokok yaitu sandang pangan dan papan sebagai ukursan sejahtera dan adil makmur .
Sila keadilan ini mengandung pengertian pula adil ditengah kemakmuran dan makmur ditengah keadilan
Nilai – nilai dasar yang terkandung dalam sila-sila Pancasila tersebut diatas sifatnya masih umum, abstrak dan ideal, oleh karena itu maka pelaksanaannya harus dijabarkan lebih nyata dan operasional.
Nilai-nilai Pancasila dijabarkan dalam berbagai peraturan perundangan ,ketetapan, keputusan dan program-program pembangunan oleh pemrintah

G. BEBERAPA IDEOLOGI YANG BERKEMBANG DI DUNIA

1. Ideologi Pancasila
Disebut Ideologi Pancasila sebab ideology ini berketuhanan, berperikemanusiaan ,berpersatuan berkeraakayatan dan keadilan social
( Lebih dikenal dengan Ideologi KKPKK )

2. Ideologi Leberalisme
Ideologi ini pada mulanya berkembang di Inggris, berpangkal dari konsep dasar bahwa manusia pada hakikatnya adalah makluk individu yang bebas
Aliran ketatanegaraan dan perekonomian yang menghendaki kebebasan pribadi untuk mencapai cita-cita pribadinya
Sebagai contoh dalam bidang politik Liberalisme menentang upaya Negara melakukan sensor yang ketat terhadap pers, libralisme menghendaki kebebasan dalam berbagai bidang ,Negara tidak ikut campur tangan urusan agama dll

3. Ideologi Kapitalisme
Ideologi ini muncul pada abad 18. menurut faham ini ditegaskan bahwa kesejahteraan masyarakat akan tercapai jika setiap individu diberi kebebasan berusaha dengan demikian mereke saling berkompetisi atau bersaingdidalam pasar yang bebas
Peranan Negara dalam bidang ekonomi sngat terbatas sedang swasta mendapat peran yang lebih leluasa

4. Ideologi sosialis komunis
Ideologi ini pada mulanya berkembang di Jerman,Rusia dan RRC
Iseologi sosialis komunis adalah suatu faham yang menganut ajaran
Karl Mark yang hendak menghapus hak milik . dan hak milik yang dikontrol oleh Negara ,menekankan kepemilikan bersama dan mereka memiliki semboyan SASA yaitu sama rata sama rasa

5. Ideologi Fasisme
Ideologi ini berkembang di Jepang menjelang PD II
Fasisme adalah faham golongan ekstrem yang menganjurkan pemerintahan yang otoriter ( memerintah sendiri )
Facisme berusaha menghidupkan kembali kehidupan social, ekonomi, dan budaya dari suatu Negara dengan berdasarkan pada rasa nasionalisme yang tinggi atau rasa kebangsaan yang tebal

6. Fundamentalisme
Ideologi yang menetapkan kembali agama sebagai suatu system politik ketatanegaraan dalam dunia modern


H. KEISTIMEWAAN DAN KELEBIHAN PANCASILA

Mengapa Bangsa Indonesia bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan Pancasila ? tentu saja jawabnya karena Pancasila itu istimewa, luar biasa dan banyak spesipikasi dan khas Indonesian karena itu kita wajib bangga dengan Pancasila sebagai dasar Negara.
Keistimewaan Pancasila itu antara lain adalah :

a. Pancasila itu bukan dikarang, bukan di ciptakan,berdasar teori-teori tetapi Unsur-unsurnya digali dari tengah-tengah kehidupan bangsa Indonesia, kemudian diformulasikan dan dirumuskan sesuai dengan keadaan masyarakat Indonesia

b. Pancasila adalah ideology terbuka
Pancasila bukan ideology tertutup, ia tetap menerima pengaruh dari luar Pancasila, ia bias menerima pengaruh pembaharuan dan kemajuan dri luar manakala pengaruh itu sesuai dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila
c. Pancasila memiliki cirri nilaiyang khas namun juga universal, yang makna masing-masing sila bisa diterima oleh bangsa manapun didunia
d. Pancasila itu adaptis dan selektif
Pancasila itu tidak kaku,tetapi luwes dan selektif, artinya pengaruh dari luar diterima tapi jika tidak maka akan ditolak .
e. Dalam Pancasila relasi antara Manusia dengan Tuhan dan manusia dengan sesame seimbang, persatuan akan semakin diciptakan, sedangkan jika ada masalah dan persoalan maka musyawarah untuk mufakat diutamakan serta keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan cita-cita luhur yang senantiasa diupayakan
f. ( Carilah kelebihan dan keunggulan yang lain dari Pancasila )

I. PENGKHIANATAN TERHADAP PANCASILA

Hidup bernegara dengan Pancasila adalah sudah menjadi komitmen bersama sejak awal mendirikan negara proklamasi ini, tepatnya pada tanggal 18 agustus 1945 namun dalam perjalanan dari awal hingga kini ada diantara kelompok-kelompok tertentu dan daerah-daerah tertentu yang mulai mengingkari komitmennya itudengan mencoba ingin mengetrapkan ideology lain selain Pancasila yang pernah disebut didepan. Mereka memaksakan dengan mengadakan pembrontakan-pembrontakan antara lain :

1. Pembrontakan PKI yang ingin mengganti dasar Pancasila dengan Komunis ( G 30 S / PKI )
2. Pembrontakan yang dilakukan oleh DI?TII diberbagai daerah seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah dan lain-lain
3. Pembrontakan APRA, RMS, Andi Aziz
4. Pergolakan di Aceh, Papua dan lain-lain

Pada umumnya mereka lupa bahwa Negara yng didirikan pada komitmen awal adalah NKRI Negara kesatuan Republik Indonesia dengan wilayah bekas jajahan Hindia Belanda dari Sabang sampai Merauke dengan berdasar pada Pancasila dan UUD 1945 .
Oleh karena itu perlu diusahakan agar Ideologi Pancaila dapat tetap dipertahankan dengan mengatasi pembrontakan pembrontakan dan pergolakan itu .

J. BEBERAPA ALASAN MEMPERTAHANKANDEOLOGIPANCASILA

a. Secara histories nilai-nilai Pancasila telah dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak dulu jauh sebelum proklamasi kemerdekaan. Oleh karena itu maka kita semua bangsa Indonesia bertanggung jawab untuk mempertahankan komitmen nasionalitu dan mempertahankan nilai-nilai Pancasila
b. Meragukan keunggulan Pancasila akan mengurangi semangat nasionalisme,rasa cinta bangsa da tanah air, mengurangi semangat persatuan dan kesatauan,yang akhirnya bermuara pada disintegrasi dan perpecahan.Oleh karena itu Pancasila kita pertahankan demi persatuan dan kesatuan dan keutuhan bangsa Indonesia
c. Perlu disadari bahwa ideology lain senantiasa mengintai manakala kita lagi kondisi lemah, tidak kondusif, terjadi disintegrasi maka ideology lain mencoba masuk, mereka menciptakan kondisi tertentu agar ideology mereka bias masuk

K. BEBERAPA USAHA MEMPERTAHANKAN
IDEOLOGI PANCASILA

Pengkhianatan terhadap Pancasila sudah ada sejak dulu bahkan hingga kini, kiranya pemerintah dan bangsa ini tidak tinggal diam tetapi berusaha keras agar Ideologi pancasila tetap dapat dipertahankan komitmen nasional tetap dipertahankan kita bernegara dengan Pancasila dan UUD 1945. Usaha-usaha yang telah dilakukan oleh bangsa dan Negara ini antara lain adalah :
a. Usaha meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa dan hidup rukun dengan orang lain yang berbedabeda
b. Usaha meningkatkan rasa kemanusiaan, saling hormat menghormati dengan menghargai hak azasi manusia lain, merasa dirinya sama derajat dan martabat,
c. Usaha meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, walupun berbeda-beda tapi tetap satu ( Bhinneka Tunggal Ika ) kita tinggal dalam masyarakatb yang majemuk, hiterogen dan plural.
d. Usaha menyelesaikan masalah bukan dengan kekerasan tetapi dengan cara duduk bersama mengadakan cara damai musyawarah untuk mencapai mufakat
e. Usaha meningkatkan kesejahteraan diantara anggota masyarakat agar tidak timbul kecemburuan social, ditingkatkan pula rasa solidaritas, bukan mensejahterakan diri sendiri tetapi mensejahterakan bersama
f. Mempelajari, memahami dan menghayati kembali nilai-nilai yang terkandung dalam Sila-sila Pancasila kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari
g. Mencegah jangan sampai ideology lain masuk dan menggeser ideology Pancasila
h. Mengadakan pertemuan, seminar dan lokakarya tentang bagaimana Pancasila tetap jaya dan menjadi landasan Ideal dan menjadi dasar Negara Indonesia

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan lingkaran pada a,b,c, atau d dalam kertas lembar jawaban yang telah tersedia

01. Istilah Pancasila berarti Lima Dasar istilah ini berasal dari bahasa …
a. Jawa kuno
b. Sunda kuno
c. Bali Kuno
d. Yunani Kuno
02. Istilah ideology berasal dari kata “Eidos “ yang berarti landasan atau dasar, istilah itu diambil bahasa ….
a. Jawa kuno
b. Sunda kuno
c. Bali Kuno
d. Yunani Kuno
03. Jepang pertama kali mendarat di P Jawa pada bulan maret tahun …
a. Tahun 1941
b. Tahun 1942
c. Tahun 1943
d. Tahun 1943
04. Jepang datang ke Indonesia dngan cepat mampu mengalahkan Belanda karena …
a. Propaganda Jepang yang menarik
b. Jepang mengaku saudara tua
c. Jauh sebelumnya Jepang mengirimkan mata-matanya
d. Jepang akan memberikan kemerdekaan
05. Jepang di Indonesia mengumandngkan gerakan yang disebut Tiga A ( 3 A ) yang kepanjangannya adalah ….
a. Nipon Pelindung Asia, Nipon Pemimpin Asia, Nipon Cahaya Asia
b. Nipon Pemuka Asia, Nipon Penguasa Asia , Nipon Cahaya Asia
c. Nipon Pemimpin Asia. Nipon Penguasa Asia, Nipon Cahaya Asia
d. Nipon Penguasa Asia, Nipon cahaya Asia, Nipon pemimpin Asia
06. Bukti kekejaman Jepang dikota bandung adalah ketika embuat bangnan dengan “Romusha”atau kerja paksa yaitu bangunan
a. Lapangan Gasibu
b. Gua Jepang di Pakar Dago
c. Gedung Sate yang bergaya jepang
d. Gedung merdeka
07. Istilah Pancasila diambil dari buku Sutasoma karangan empu …
a. Empu Prapanca
b. Empu Dharmaja
c. Empu Kanwa
d. Empu Tantular
08. Buku Sutasoma itu dikenal sejak kejayaan jaman kerajaan ….
a. Kediri
b. Majapahit
c. Singasari
d. Mataram
09. Istilah Pancasila dipopulerkan kembali ketika bangsa Indonesia hendak mendirikan negara oleh seorang tokoh terkenal ialah ….
a. Mr Mohamad Yamin
b. Mr Soepomo
c. Mr Syahrir
d. Ir Soekarno
10. Rumusan dasar negara Pancasila muncul pada jaman jepang tepatnya
a. Pada awal Perang dunia II
b. Pada saat Perang dunia II sudah selesai
c. Pada saat jauh sebelum II Perang dunia
d. Pada akhir Perang dunia II
11. Unsur-unsur Pancasila itu sudah ada ….
a. Sejak jaman Majapahit
b. Sejak jaman jepang
c. Sejak Indonesia merdeka
d. Sejak jaman dahulu kala
12. Pada tahap akhir penjajahannya di Indonesia Jepang bersikap kooperatif terhadap pergerakan nasional Indonesia karena Jepang harus menghadapi perang yang disebut …
a. Perang Asia Timur Raya
b. Perang Timur tengah
c. Perang Dunia I
d. Perang Asia Pasifik
13. Jepang ingin membuktikan keseriusannya untuk mewujudkan janjinya maka Jepang melantik BPUPKI pada tanggal
a. Tanggal 19 maret 1945
b. Tanggal 19 april 1945
c. Tanggal 19 mei 1945
d. Tanggal 19 Juni 1945
14. BPUPKI yang dilantik itu beranggotakan yang jumlahnya ada ..
a. 40 orang
b. 45 orang
c. 50 0rang
d. 60 orang
15. Unsur-unsur Pancasila oleh para pemimpin kita digali dari ….
a. Tengah-tengah kehidupan bangsa Indonesia
b. Hasil riset dan pengalaman para pemimpin
c. Pengaruh dari negara-negara lain yang sudah mereka
d. Perpaduan antara dalam dan luar negeri
16. Tokoh-tokoh yang berpidato dan menyampaikan konsep tentang dasar negara antara lain ialah yang disebut dibawah ini KECUALI ….
a. Ir Soekarno
b. Mr, Soepomo
c. Mr. Mohamad Yamin
d. Drs Mohamad Hatta
17. Pidato konsep dasar negara Indonesia Pancasila itu dismpaikan pada sidang BPUPKI
a. Yang pertama
b. Yang kedua
c. Yang ketiga
d. Yang kempat
18. Kepanjangan BPUPKI adalah …
a. Badan Penyelidik Usaha-usaha Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
b. Badan persiapan Usaha –usaha Perang kemerdekaan Indonesia
c. Badan Penyelidik Usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia
d. Badan Penyelenggara Usaha-usaha persiapak kemerdekaan Indonesia
19. Ketua dan wakil Ketua BPUPKI ialah …
a. Ir Soekarno dan Mohamad Hatta
b. Mr Mohamad Yamin dan Mr Soepomo
c. Rajiman Widyodiningrat dan Rp Soeroso
d. Sugondo Joyo Puspito dan Mr Soepomo
20. BPUPKI mengadakan sidang dan menghasilkan konsep Dasar negara yang disebut Pancasila pada tanggal …
a. 13 Maret sd 15 Maret 1945
b. 29 Mei sd 1 Juni 1945
c. 1 Juni sd 15 Juni 1945
d. 29 Juni sd 1 Juli 1945
21. Kepanjangan PPKI adalah …
a. Panitya Penyelenggara perjuangan kemerdekaan
b. Persiapan Perang Kemerdekaan Indonesia
c. Penyelenggara persiapan kemerdekaan Indonesia
d. Panitya persiapan Kemerdekaan Indonesia
22. Ketua dan Wakil Ketua PPKI ialah ….
a. Ir Soekarno dan Mohamad Hatta
b. Mr Mohamad Yamin dan Mr Soepomo
c. Rajiman Widyodiningrat dan Rp Soeroso
d. Sugondo Joyo Puspito dan Mr Soepomo
23. Sehari setelah Proklamasi PPKI mengadakan sidang yang pertama dan menghasilkan keputusan sebagaimana yang disebut dibawah ini KECUALI ..
a. Menetapkan pancasila sebagai Dasar negara
b. Membentuk cabinet baru
c. Menetapkan UUD l945 sebagai UUD Negara
d. Memilih Ir Soekarno dan Mohamad Hatta masing-masing sebagai Presiden dan Wakil Presiden
24. Rumusan Pancasila yang Syah adalah yang menurut ….
a. Disampaikan oleh Soekarno dalam sidang di BPUPKI
b. Ditetapkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945
c. Disampaikan oleh Mr Soepomo dalam sidang di PPKI
d. Disampaikan oleh Mr Mohamad Yamin dalam sidang BPUPKI
25. Rumusan Pancasila terdapat pada Pembukaan UUD 1945 tepatnya pada ..
a. Alinea 1
b. Alinea 2
c. Alinea 3
d. Alinea 4
26. Fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia adalah sebagaimana yang disebut dibawah ini KECUALI ….
a. Sebagai Dasar negara
b. Sebagai cita-cita nasional bangsa Indonesia
c. Sebagai landasan Ideal bangsa
d. Sebagai kepribadian Bangsa
27. Fungsi ideology bagi suatu bangsa antara lain adalah sebagaimana yang disebut ini KECUALI ….
a. Ideologi sebagai orientasi
b. Ideology sebagai motivasi
c. Ideology sebagai norma
d. Ideology sebagai cita-cita
28. Agar dalam perjalanan jaman dan hidup suatu bangsa tidak terombang-ambing oleh keadaan dan faham lain maka diperlukan ideology. Ideologi dalam hal ini berfungsi sebagai
a. Ideologi sebagai orientasi
b. Ideology sebagai motivasi
c. Ideology sebagai norma
d. Ideology sebagai cita-cita
29. Agar suatu bangsa dapat mengetahui dengan jelas arah dan tujuan perjalanan bangsa maka ideology sangat dibutuhkan. Dalam hal ini ideology berfungsi sebagai …..
a. Ideologi sebagai orientasi
b. Ideology sebagai motivasi
c. Ideology sebagai norma
d. Ideology sebagai cita-cita
30. Yang dimaksud Pancasila sebagai ideology terbuka adalah bahwa …
a. Pancaila itu boleh dipengaruhi oleh faham apa saja
b. Pancasila itu boleh diganti dengan apa saja
c. Pancasila itu masih bisa menerima pengarug atau masukan yang positif
d. Pancasila itu tidak perlu dijaga dan dikawal
31. Agar suatu ideology itu sesuai dengan aspirasi masyarakat maka harus memenuhi tiga criteria ideology . yang tidak termasuk criteria adalah ..
a. Ideology harus mengandung nilai dasar
b. Ideology harus disesuaikan dengan aspirasi negara tetangga
c. Ideology harus terbuka dan menerima pengaruh unsure lain
d. Ideology harus mengandung cita-cita nasional
32. Tari pendet yang dikenal Tari bali itu diaku Malaysia sebagai hasil kebudayaan mereka ,dan kita menolaknya karena Tari pendet bagi bansa Indonseia sudah menjadi …
a. Identitas
b. Motivasi
c. Orientasi
d. Norma
33. Setelah kita memiliki ideology Pancasila maka terhadap pengaruh unsure asing yang masuk sikap kita adalah …
a. Terbuka menerima semua pengaruh asing
b. Tertutup menolak semua pengaruh unsure luar
c. Menerima yang sesuai dan menolak yang tidak sesuai
d. Menerima yang menguntungkan dan menolak yang merugikan
34. Penduduk Indonesia terdiri dari banyak suku ,agama, adapt dan kebiasaan namun ternyata mereka tetap bisa hidup berdampingan, hal ini menunjukkan bahwa Pancasila sebagai ideology berfungsi sebagai …
a. Cita-cita luhur
b. Alat pemersatu bangsa
c. Jiwa dan pandangan hidup bangsa
d. Kepribadian bangsa
35. Bulat air di pembuluh, bulat kata dimusyawarah, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, adalah unsure-unsur Pancasila yang sudah ada dan dalam hal ini menunjukkan Ideologi Pancasila sebagai ….
a. Cita-cita luhur
b. Alat pemersatu bangsa
c. Jiwa dan pandangan hidup bangsa
d. Kepribadian bangsa
36. Keistimewaan Pancasila antara lain adalah sebagaimana disebut dibawah inii Kecuali …..
a. Ideology yang adaptis dan selektif
b. Mengandung nilai khas tetapi juga universal
c. Ideology yang terisolasi
d. Ideology yang terbuka
37. Pancasila tidak sekedar menjadi ilmu pengetahuan tetapi harus dilaksanakan , dengan urutan sebagai berikut ….
a. Mempelajari,- melaksanakan, - memahami, - menghayati
b. Menghayati, - melaksanakan,- mempelajari , - memahami
c. Mempelajari – memahami – menghayati – melaksanakan
d. Melaksanakan – mempelajari – menghayati – memahami
38. Ketika teman sedang merayakan hari raya agama yang dianutnya dan kamu mengucapkan selamat hari raya kepadanya ,hal itu merupakan pelaksanaan sila Pancasila terutama sila …
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan Yang adil dan beradab
c. Peratuan Indonesia
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
39. Seorang siswa dengan sadar dan tekun melaksanakan tata tertib sekolah dan tidak melanggarnya berarti sudah melaksanakan sila Pancasila terutama sila …
a. Kemanusiaan yang adil dan beradab
b. Persatuan Indonesia
c. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawartan perwakilan
d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
40. Program sekolah menjadi lingkungan yang bersih dan hijau yang dikumandangkan oleh pengurus OSIS, jika terwujud berarti melaksanakan sila Pancasila yaitu sila ….
a. Kemanusiaan yang adil dan beradab
b. Persatuan Indonesia
c. Kerakyatan yang dipimpin hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


Jawablah pertanyaan ini dengan jelas

1. Urutkan tentang Pancasila : Menghafal –menghayati – memahami – mengerti – mengamalkan – mempertahankan

2. Mengapa Pancasila mesti diamalkan dan bericontoh mengamalkan masing-masing sila dalam kehidupan sehari-hari

3. Berikan contoh yang pernah terjadi disekitarmu perbuatan orang yang bertentangan dengan sila-sila Pancasila

4. Mengapa Pancasila mesti harus dipertahankan ? dan siapakah yang bertanggung jawab mempertahankan Pancasila itu

5. Pernahkan ada usaha untuk menggantikan Pancasila ? beri contoh dan mengapa mereka demikian ?

REFLEKSI
1. Apakah kamu sudah otomatis berdoa sebelum dan sesudah makan, tidaur dan melaksanakan pekerjaan ?
2. Apakah anda suka memasukkan uang sumbangan untuk teman ketika kolekte di gereja, atau uang senin disekolah

Ulangan Tengah Semester 2 PKn Kelas VIII

A. Pilihlah jawaban yang paling benar dan tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada lembar jawaban yang tersedia!
1. Demokrasi berasal dari kata demos dan kratos, demos artinya....
a. rakyat
b. pemerintah
c. berkuasa
d. kekuasaan rakyat

2. Pada saat berkembang demokrasi di wilayah Eropa, sistem pemerintahan negara-negara Eropa berbentuk... .
a. monarki
b. repubiik
c. kekaisaran
d. demokrasi

3. Pelaksanaan demokrasi langsung pertama kali diterapkan di negara…
a. Inggris
b. Yunani
c. Perancis
d. Amerika Serikat

4. Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat adalah pengertian demokrasi menurut... .
a. Abraham Lincoln
b. Ir. Soekarno
c. George Washington
d. Soeharto

5. Berikut ini adalah satu satu pemikir yang mendukung berkernbangnya demokrasi yaitu... .
a. George Bush
b. JohnLocke
c. Magna Charta
d. Abraham Lincoln

6. Tiga nilai dasar demokrasi adalah sebagai berikut, kecuali... .
a. kebebasan
b. persamaan
c. persaudaraan
d. peraturan

7. Demokrasi langsung pertama kali di kota…
a. Athena
b. London
c. Paris
d. Den Haag




8. Alasan diterapkannya demokrasi langsung di Yunani adalah sebagai berikut, kecuali.....
a. jumlah penduduk sedikit
b. wilayah yang sempit
c. masalah kompleks
d. pemimpinnya cakap

9. Prinsip-prinsip dasar demokrasi adalah sebagai berikut, kecuali....
a. pemerintahan berdasarkan konstitusi
b. pemilihan umum yang bebas, jujur dan adil
c. hak asasi manusia dijamin
d. hanya ada satu partai politik

10. .Kedudukan badan eksekutif tidak stabil, seialu terancam dari penghentian di tengah jalan karena mosi tak percaya adalah kelemahan sistem pemerintahan.. . .
a. presidensial
b. parlementer
c. referendum
d. kerajaan

11. Pemegang kekuasaan eksekutif di lndonesia adalah.....
a. presiden
b. DPR
c. MA
d. KPK

12. Berikut yang bukan pemegang kekuasaan yudikatif di Indonesi, kecuali...
a. MA
b. MPR
c. Komisi yudisial
d. Mahkamah Konstitusi

13. Negarayang memakai demokrasi dengan sistem referendum adalah ... .
a. Inggris
b. Amerika Serikat
c. Belanda
d. Swiss

14. Pemilu di Indonesia pertama kali diselenggarakan pada tahun... ..
a. 1955
b. 1965
c. l971
d. 1972

15. Pemilu di Indonesia yang akan datang diselenggarakan pada tahun... .
a. 2011
b. 2012
c. 2013
d. 2014

16. Hak asasi manusia di Indonesia secara khusus dicantumkan dalam UUD 1945 pasal....
a. 27 ayat I
b. 28
c. 28 A-J
d. 29 ayat 1





17. Kedudukan badan eksekutif stabil, tak selalu terancam dari. penghentian di tengah jalan karena mosi tak percaya dari parlemen adalah ciri sistem pemerintahan....
a. presidensial
b. parlementer
c. referendum
d. kerajaan

18. Di Indonesia kekuasaan yudikatif dipegang oleh... .
a. presiden
b. DPR
c. MA
d. MPR

19. Demokrasi Pancasila di Indonesia digunakan saat Indonesia menggunakan...
a. UUD S 1950
b. UUD 1945
c. UUD KRIS
d. UUD 1945 hasil amandemen

20. Berikut adalah isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959, kecuali . . . .
a. Pembubaran konstituante
b. pembentukan MPRS dan DPRS
c. berlakunya kembali UUD 1945
d. pembentukan MPRS dan DPAS

21. Voting dilihat macannya ada 3 macam antaralain sebagai berikut, kecuali…
a. voting suara terbanyak nisbi
b. voting suara terbanyak relatif
c. voting suara terbanyak mutlak
d. voting tterbanyak bersyarat

22. Pemilu di Indonesia dilaksanakan untuk memilih sebagai berikut, kecuali…
a. Presiden
b. MPR
c. DPR
d. DPD

23. Pemimpin yang kekuasaan dipegang oleh seorang pemimpin dan tidak menghormati martabat manusia adalah….
a. ekstrimis
b. moderat
c. diktaktur
d. demokratis

24. Gaya demokratis adalah kepemimpinan dalam menghadapi bawahan dengan methode….
a. pembagian tugas
b. paksaan
c. pemberian keleluasaan
d. keteladanan

25. Di lndonesia untuk dapat ikut pemilu, salah satu syaratnya WNI yang telah berusia minimal….
a. 16 tahun
b. 17 tahun
c. l8 tahun
d. 21 tahun




26. Hak untuk dapat memilih wakil rakyat disebut hak pilih.. ' .
a. positif
b. negatif
c. aktif
d. pasif

27. Penyelenggara pemilu di Indonesia adalah….
a. KPU
b. KPK
c. BPKP
d. BLU

28. Sistem pemilu di mana pemilih dikelompokkan ke dalam distrik-distrik adalah sistem….
a. distrik
b. negara bagian
c. campuran
d. proporsional

29. Demokrasi di Indonesia yang sering disebut demokrasi musyawarah mufakat adalah…
a. demokrasi liberal
b. demokrasi terpimpin
c. demokrasi ala barat
d. demokrasi Pancasila . ,

30. Wujud penerapan budaya demokrasi di lingkungan sekolah antara lain ….
a. memilih rencana liburan
b. pemilihan ketua OSIS
c. rencana melanjutkan sekolah
d. pemilihan ketua RT

31. Salah satu syarat hak pilih pasif adalah pendidikan minimal harus…
a. SD
b. SMP
c. SMA/SLTA
d. Sarjana

32. Sampai tahun 2010 Indonesia telah melaksanakan pemilu yang ke….
a. 9
b. 10
c. 1l
d. 12

33. Tipe kepemimpinan yang menganggap kekuasaan dipegang oleh seorang pemimpin dan tidak menghormati martabat manusia adalah. . . .
a. ekstrimis
b. moderat
c. diktaktur
d. dernokratis

34. Gaya demokratis dalam kepemimpinan dalam menghadapi bawahan dengan methode....
a. pembagian tugas
b. paksaan
c. pemberian keleluasaan
d. keteladanan ,

35. Di Indonesia untuk dapat dipilih dalam pemilu salah satu syaratnya WNI yang telah berusia
a. belum kawin
b. 17 tahun
c. 18 tahun
d. 2l tahun

36, Hak untuk dapat dipilih sebagai wakil rakyat disebut hak pilih....
a. positif
b. negatif
c. aktif
d. pasif

37. Sistem pemilu yang sekarang ini diterapkan adalah sistem... .
a. distrik
b. negara bagian
c. campuran
d. proporsional

38.Budaya politik yang masyarakatnya hanya dapat patuh, setia dan mengikuti segala instruksi penguasa yang sering disebut budaya politik....
a. parokial
b. kaula
c. partisipan
d. paroki

39. Kepemimpinan yang mempertahankan bagian unsur-unsur rezim lama, baik sistem nilainya maupun para pemimpinya, khususnya yang dianggap masih bisa disesuaikan dengan rezim baru disebut....
a. diktaktor
b. demokratis
c. moderat
d. ekstrimis

40. Kekuasaan legislatif dipegang oleh...
a. Presiden
b. DPR
c. MA
d. MPR

41. Negara yang memakai demokrasi dengan sistem monarki adalah ....
a. Inggris
b. Amerika Serikat
c. Indonesia
d. Cina

42' Tipe kepemimpinan yang menganggap kekuasaan dipegang oleh seorang pemimpin dan menghormati martabat manusia adalah… ' ,
a. ekstrrmis
b. moderat
c. diktaktur
d. dernokratis

43. Seorang raja yang dipilih secara turun-temurun dilihat dari kepemimpinan.adalah tipe….
a. diktator
b. rasional
c. tradisional
d. kharismatik

44. Gaya otokratis dalam kepemimpinan dalam menghadapi bawahan dengan methode... .
a. pembagian tugas
b. paksaan
c. pemberian keleluasaan
d. keteladanan

45. Cara-dan irama seorang pemimpin pemerintahan dalam menghadapi bawahan dengan methode pemberian keleluasaan adalah tipe….
a. gayakebebasan
b. laya aemokratis
c. gaya otolaatis
d. gaya birokratis

46. Wali kota Semarang sekarang ini adalah
a. Mahfud Ali
b. Sukawi Sutarif
c. Saman Kadarisman
d. Sumarmo HS

47. Gubernur Jawa Tengah sekarang ini adalah... .
a. Sukawi Sutarif
b. Mahfud Ali
c. Bibit Waluyo
d. Bambang Raya

48.Menurut pasal 14 ayat 1 UUD 1945, dalam memberikan grasi presiden harus memperhatikan pertimbangan dari....
a. Mahkamah Agung
b. Mahkamah Konstltusi
c. Dewan Perwakilan Rakyat\
d. Komisi Yudisial

49. Tujuan pemilihan umum di Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali...
a. memiiih anggota DPR dan DPRD
b. memilihanggota-anggotaDPD , .
c. memilih Presiden dan Wakil presiden
d. membentuk pemerintahan yang baru

50 Anggota DPD tiap propinsi berjumlah…..orang
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6

B. Jawablah dengan tepat

51. Sebutkan isi Trias Politika
52. Sebutkan empat (4 ) ciri negara demokrasi
53. Sebutkan masing-masing dua (2) contoh penerepan budaya demokasi di lingkungan keluarga dan sekolah
54. Sebutkan enam (6) asas pemilu
55. Sebutkan tujuan pemilu


Latihan Ulangan Akhir Semester II PKn Kelas VIII

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, dan d pada lembar jawab yang tersedia

1. Demokrasi berasal dari kata demos dan kratos, demos artinya…
a. rakyat
b. pemerintah
c. berkuasa
d. kekuasaan rakyat
2. Pelaksanaan demokrasi langsung pertama kali diterapkan di…
a. Inggris
b. Yunani
c. Perancis
d. Amerika Serikat
3. Trias Politica adalah ajaran yang dicetuskan oleh….
a. JJ Rousseau
b. Machiavelli
c. Montesqueiu
d. Karl Mark
4. Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat adalah pengertian demokrasi menurut…
a. Abraham Lincoln
b. Ir. Soekarno
c. George Washington
d. Soeharto
5. Beriku ini adalah satu satu pemikir yang mendukung berkembangnya demokrasi yaitu…
a. George Bush
b. John Locke
c. Magna Charta
d. Abraham Lincoln
6. Berikut ini adalah pembagian kekuasaan negara menurut ajaran Trias Politica, kecuali…
a. kekuasaan legislatif
b. kekuasaan eksekutif
c. kekuasaan yudikatif
d. kekuasaan komutatif
7. Demokrasi langsung pertama kali di dunia dilaksanakan di kota…
a. Athena
b. London
c. Paris
d. Den Haag
8. Kedudukan badan eksekutif tidak stabil, selalu terancam dari penghentian di tengah jalan karena mosi tak percaya dari parlemen adalah kelemahan sistem pemerintahan…
a. presidensial
b. parlementer
c. referendum
d. kerajaan

9. Di Indonesia kekuasaan yudikatif dipegang oleh…
a. Presiden
b. DPR
c. MA
d. MPR
10. Negara yang memakai demokrasi dengan sistem referendum adalah …
a. Inggris
b. Amerika Serikat
c. Belanda
d. Swis
11. Pemilu di Indonesia yang akan datang diselenggarakan pada tahun…
a. 2008
b. 2010
c. 2012
d. 2014
12. Demokrasi Pancasila digunakan saat Indonesia menggunakan…
a. UUD S 1950
b. UUD 1945
c. UUD KRIS
d. UUD 1949
13. Kabinet yang menteri-meneriny diangkat dan bertanggung jawab kepada presiden disebut....
a. kabinet gotong royong
b. kabinet parlementer
c. kabinet presidensiil
d. dewan menteri
14. Berikut adalah isi dekrit presiden 5 Juli 1959, kecuali…
a. pembubaran konstituante
b. pembentukan MPRS dan DPRS
c. berlakunya kembali UUD 1945
d. pembentukan MPRS dan DPAS
15. Voting dilihat macamnya ada 3 macam antara lain sebagai berikut, kecuali…
a. voting suara terbanyak nisbi
b. voting suara terbanyak relatif
c. voting suara terbanyak mutlak
d. voting suara terbanyak bersyarat
16. Pemilu di Indonesia dilaksanakan untuk memilih sebagai berikut, kecuali…
a. presiden
b. MPR
c. DPR
d. DPD
17. Tipe kepemimpinan yang menganggap kekuasaan dipegang oleh seorang pemimpin dan tidak menghormati martabat manusia adalah…
a. ekstrimis
b. moderat
c. diktaktur
d. demokratis
18. Gaya demokratis dalam kepemimpinan dalam menghadapi bawahan dengan methode…
a. pembagian tugas
b. paksaan
c. pemberian keleluasaan
d. keteladanan





19. Di Indonesia untuk dapat ikut pemilu, salah satu syaratnya WNI yang telah berusia minimal…
a. 16 tahun
b. 17 tahun
c. 18 tahun
d. 21 tahun
20. Hak untuk dapat dipilih sebagai wakil rakyat disebut hak pilih…
a. positif
b. negatif
c. aktif
d. pasif
21. Sistem pemilu yang sekarang ini diterapkan adalah sistem…
a. distrik
b. negara bagian
c. campuran
d. proporsional
22. Demokrasi di Indonesia yang sering disebut demokrasi musyawarah mufakat adalah…
a. demokrasi liberal
b. demokrasi terpimpin
c. demokrasi ala barat
d. demokrasi Pancasila
23. Menurut Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas kriteria kepemimpinan nasional adalah sebagai berikut, kecuali…
a. emosional
b. resistensi rendah
c. konsisten
d. cerdas
24. Kriteria cerdas bagi pemimpin nasional meliputi sebagai berikut, kecuali…
a. intelektual
b. tradisional
c. emosional
d. spiritual
25. Salah satu contoh pembudayaan demokrasi di lingkungan keluarga adalah....
a. pelaksanaan pemilu
b. pemilihan ketua OSIS
c. pemilihan kepala desa
d. meusyawarah piknik keluarga
26. Kata kedaulatan secara etimologi berasal dari bahasa…
a. Arab
b. Latin
c. Inggris
d. Indonesia
27. Kata supremus yang berasal dari bahasa Latin dalam kaitannya dengan kedaulatan mempunyai arti…
a. kekuasaan
b. tertinggi
c. rakyat
d. negara
28. Berikut ini adalah sifat-sifat dasar kedaulatan, kecuali, …
a. bulat
b. permanent
c. terbagi
d. asli





29. Berikut adalah tokoh-tokoh teori kedaulatan Tuhan , kecuali…
a. Hagel
b. Thomas Aquino
c. Agustinus
d. FJ Sthal
30. Kedaulatan tetap ada selama negara berdiri adalah arti sifat kedaulatan …
a. asli
b. permanen
c. bulat
d. tidak terbatas
31. Peletak dasar teori kedaulatan raja adalah…
a. John Locke
b. Imanuel Kant
c. Machiavelli
d. Paul Laband
32. Kedaulatan tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi adalah arti sifat kedaulatan…
a. permanen
b. bulat
c. tidak terbatas
d. asli
33. H. Krabe, Leon Deguit adalah pelopor teori kedaulatan…
a. rakyat
b. Tuhan
c. negara
d. hukum
34. Menurut UUD 1945 pasal 1 ayat 2 (setelah perubahan), negara Indonesia menganut teori kedaulatan ….
a. Tuhan
b. raja
c. negara
d. rakyat
35. Pemegang keluasaan tertinggi di Indonesia adalah….
a. rakyat
b. MPR
c. Presiden
d. DPR
36. Kebebasan untuk menentukan dan mengatur fungsinya yaitu menyusun pemerintahannya sendiri tanpa campur tangan negara lain adalah pengertian ….
a. negara demokrasi
b. kedaulatan ke dalam
c. pemerintah diktator
d. kekuasaan legislatif
37. Sistem demokrasi yang diselenggarakan dengan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa, merupakan sistem ….
a. demokrasi langsung
b. pemerintahan presidensial
c. demokrasi Pancasila
d. kedaulatan Pancasila
38. Fungsi DPR menurut UUD 1945 pasal 20 ayat 1 (setelah perubahan) adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. legislasi
b. anggaran
c. rehabilitasi
d. pengawasan


39. Hak untuk tidak dapat dituntut di muka pengadilan karena pernyataan dan pendapat yang disampaikan dalam rapat-rapat DPR ….
a. angket
b. amandemen
c. interupsi
d. imunitas
40. BPK merupakan lembaga negara yang bebas dan mandiri dengan tugas khusus….
a. menetapkan anggaran pendapatan dan belanja negara
b. memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara
c. melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang
d. meminta keterangan yang wajib diberikan oleh instansi pemerintah
41. Memutuskan pembubaran partai politik merupakan kewenangan dari….
a. Mahkamah Agung
b. Mahkamah Konstitusi
c. Komisi Yudisial
d. Komisi Pemilihan Umum
42. Hak angket adalah….
a. hak untuk mengajukan usul/pendapat
b. hak untuk meminta keterangan kepada pemerintah
c. hak untuk menyatakan pendapat
d. hak untuk melakukan penyelidikan terhadap kebijakan pemerintah
43. Komisi yang bertanggung jawab akan pelaksanaan pemilihan umum di Indonesia adalah
a. Komnas HAM
b. Komisi Yudisial
c. Komisi Pemilihan Umum
d. Panitia Pengawas Pemilu
44. Di bawah ini yang merupakan syarat seseorang warga negara dapat mengikuti pemilihan umum adalah ….
a. dapat membaca dan menulis
b. telah berusia 21 tahun/kawin
c. terdaftar dalam daftar pemilihan
d. dapat berbahasa Indonesia
45. Salah satu contoh wujud pelaksanaan demokrasi antara lain sebagai berikut, kecuali ….
a. pelaksanaan pemilu
b. jaminan kebebasan berpendapat
c. bebas dari pelanggaran HAM
d. adanya tindakan pemerintah untuk melindungi HAM
46. Contoh perilaku berperan serta dalam pemilihan umum adalah....
a. mendaftarkan sebagai calon legislatif
b. menggunakan hak pilihnya dengan baik
c. menghadiri kegiatan kampanye
d. menjaga keamanan dan ketertiban pemilu
47. Berikut ini adalah perwujudan dari pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa, kecuali ….
a. ikut serta dalam usaha pembelaan negara
b. ikut serta dalam pemilihan umum untuk memilih wakil-wakil rakyat
c. ikut serta dalam pemilihan umum untuk memilih presiden dan wakil presiden
d. ikut serta dalam penerimaan calon pegawai negeri
48. Sikap positif terhadap kedaulatan rakyat adalah….
a. melakukan aksi demonstrasi untuk menentang setiap kebijakan pemerintah
b. mengeluarkan kritik tajam terhadap pemerintah di depan publik
c. tidak menerima setiap hasil pemeilihan umum
d. ikut serta dalam pemilihan umum




49. Lembaga negara yang memiliki wewenang untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara adalah....
a. MA
b. BPK
c. MK
d. KY
50. Keanggotaan MPR terdiri dari....
a. anggota DPR dan DPRD
b. anggota DPRD I dan DPRD II
c. anggota DPR dan DPD
d. anggota DPR dan utusan golongan

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat
1. Sebutkan dan jelaskan isi Trias Politika !
2. Sebutkan masing-masing dua contoh pelaksanaan budaya demokrasi di lingkungan keluarga dan di sekolah
3. Sebutkan asas-asas pemilu
4. Sebutkan dan jelaskan macam kedaulatan
5. Sebutkan fungsi DPR dan jelaskan

Selamat Mengerjakan




Selamat Mengerjakan Semoga Sukses

Minggu,

Soal Remidi Ulangan PKn Kelas VIII dari FC

1. Warga negara adalah
2. penduduk adalah
3. Masyarakat adalah
4. Sebutkan 4 dari 7 tugas dan wewenang MPR
5. Syarat jadi presiden adalah
6. Sebutkan 9 lembaga menurut UUD 1945 hasil amandemen
7. Sebutkan 3 fungsi DPR
8. Sebutkan tugas BPK
9. Sebutkan 4 tugas MK
10. Sebutkan tugas KPU

NB : Cara menjawab dapat dilihat di Buku BSE (Paket ) PKN kelas VIII hal 145 - 148

Selasa, 26 Januari 2010

Soal Remidi Kuis PKn VIII Bab 4 Budaya Demokrasi

1. Demos artinya...
2. Budi artinya....
3. Jelaskan definisi demokrasi menurut Abraham Lincoln
4. Sebutkan 2 pemikir demokrasi
5. Jelaskan pengertian Trias Politika
6. Menurut John Locke hak warga negara meliputi 3 hal sebutkan
7. Siapakah pemegang kekuasaan legislatif di Indonesia
8. Kekuasaan mengadili/mengawasi UU di Indonesia dipegang oleh 3 lembaga sebutkan (tidak bolek singkatan)
9. Kekuasaan menjalankan UU dalam Trias Politika disebut....
10. Jelaskan pengertian budaya demokrasi


Soal Remidi UUS1 PKn Kelas VIII

1. Kata “ideologi” berasal dari bahasa....
a. Arab
b. Yunani
c. Latin
d. Inggris

2. Suatu nilai kehidupan yang dipandang baik dan diyakini kebenarannya sehingga menimbulkan tekad untuk mewujudkan dapat disebut....
a. keinginan
b. harapan
c. cita-cita
d. ideologi

3. Dalam mempertahankan Pancasila salah satunya harus menghindari sikap hidup bersenang-senang, yang sering disebut....
a. egoisme
b. hedonisme
c. liberalisme
d. sekulerisme

4. Cita-cita luhur bangsa Indonesia yang hendak mewujudkan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur terdapat dalam pembukaan UUD 1945 alinea....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat


5. Tonggak pertama sejarah perumusan Pancasila sebagai ideologi nasional di mulai sejak....
a. perjuangan melawan penjajah
b. sidang pertama BPUPKI
c. lahirnya Piagam Jakarta
d. proklamasi kemerdekaan Indonesia

6. Usulan nama Pancasila untuk rumusan dasar negara disampaikan dalam sidang BPUPKI tanggal....
a. 29 Mei 1945
b. 1 Juni 1945
c. 22 Juni 1945
d. 18 Agustus 1945

7. Proklamasi Kemerdekaan mempunyai arti penting bagi bangsa Indonesia karena merupakan tonggak sejarah....
a. kemenangan bangsa Indonesia
b. berdirinya Negara Kesatuan RI
c. lahirnya Undang-Undang Dasar 1945
d. peresmian Pancasila sebagai ideologi negara

8. Negara menguasai semua perekonomian dan rakyat sama sekali tidak memiliki kebebasan berusaha adalah ciri ideologi....
a. komunisme
b. sosialisme
c. kapitalisme
d. fasisme

9. Rumusan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia yang sah dan resmi adalah yang terdapat dalam....
a. Piagam Jakarta
b. Lambang Negara
c. Pembukaan UUD 1945
d. Kantor-kantor Pemerintah

10. Salah satu ciri ajaran ideologi komunis adalah....
a. atheis
b. nasionalisme
c. oposisi
d. demokrasi

11. Ciri khas ideologi Pancasila yang membedakan ciri dari ideologi-ideologi lain terletak pada....
a. tata urutan atau sistematik sila-sila Pancasila
b. sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa
c. nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila
d. sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia


12. Manfaat suatu bangsa memiliki ideologi negara agar....
a. dapat bersaing dengan negara lain
b. menjadi negara yang kuat
c. dapat tercipta masyarakat adil dan makmur
d. dapat mengantar bangsa dan negara mencapai cita-citanya

13. Dalam istilah sehari-hari konstitusi sering disamakan dengan....
a. Undang-undang
b. Undang-undang Dasar
c. Norma
d. Hukum

14. Undang-undang Dasar 1945 tersusun pada....
a. tanggal 17 Agustus 1945
b. tanggal 18 Agustus 1945
c. tanggal 5 Juli 1959
d. tanggal 11 Agustus 2002

15. Tujuan negara Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 antara lain....
a. menghapus penjajahan
b. kemerdekaan adalah hak segala bangsa
c. penjajahan tidak sesuai dengan perikemanusiaan
d. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

16. Dilihat dari bentuknya Undang-Undang Dasar negara Republik Indonesia termasuk....
a. undang-undang
b. hukum dasar
c. konstitusi
d. konvensi

17. Dasar negara sangat erat keterkaitannya dengan UUD 1945 karena....
a. dasar negara dijabarkan dalam UUD 1945
b. UUD 1945 harus dijabarkan dalam dasar negara
c. UUD 1945 harus bersumber pada dasar negara
d. UUD 1945 mempunyai kesamaan dengan dasar negara

18. Penyimpangan UUD 1945 pada masa orde lama antara lain....
a. konsep Pancasila berubah menjadi nasakom
b. timbul pola monopolistik dalam ekonomi
c. penghapusan lembaga DPA
d. kurang adanya kepastian hukum

19. Konstitusi yang tertulis bagi negara Republik Indonesia yang berlaku pada kurun waktu 17 Agustus 1950 – 5 Juli 1959 adalah....
a. UUD 1945
b. Amandemen UUD 1945
c. Konstitusi RIS 1949
d. UUDS 1950

20. Menurut amandemen UUD 1945, anggota MPR terdiri dari anggota....
a. DPR dan utusan golongan
b. DPR dan DPRD
c. DPD dan DPR
d. DPD dan DPRD

21. Negara yang terdiri dari negara-negara bagian disebut....
a. negara federasi
b. negara kesatuan
c. negara monarki
d. negara persemakmuran

22. Aturan dasar yang dijadikan pedoman dalam kehidupan kenegaraan adalah....
a. norma hukum
b. hukum tata negara
c. konstitusi negara
d. Undang-undang Dasar

23. Sistematika UUD 1945 setelah diamandemen terdiri dari....
a. pembukaan dan penjelasan
b. batang tubuh dan penjelasan
c. pembukaan dan pasal-pasal
d. mukadimah dan batang tubuh

24. Konstitusi Negara Republik Indonesia disebut Undang-Undang Dasar 1945 yang dirancang oleh....
a. PPKI
b. KNIP
c. MPR
d. BPUPKI

25. Salah satu makna yang terkandung dalam alinea ketiga pembukaan UUD 1945 adalah....
a. keteguhan bangsa Indonesia membela kemerdekaan dalam segala bentuk
b. pernyataan subyektif bangsa Indonesia dalam menentang penjajahan diatas bumi
c. adanya momentum yang harus dimanfaatkan untuk menyatakan kemerdekaan
d. motivasi spiritual bahwa kemerdekaan adalah berkat rahmat Tuhan dan pengukuhan pernyataan proklamasi kemerdekaan
26. Sistem pemerintahan Republik Indonesia setelah amandemen UUD 1945 ialah....
a. kabinet parlementer
b. pemerintah perlementer
c. Kabinet Indonesia Bersatu
d. pemerintah presidensial

27. Peraturan perundang-undangan setingkat lebih rendah dari pada UUD 1945 adalah....
a. Tap MPR
b. Peraturan Pemerintah
c. Keputusan Presiden
d. Undang-undang

28. Penyelewengan atau penggelapan uang negara untuk kepentingan pribadi atau orang lain disebut....
a. kolusi
b. korupsi
c. nepotisme
d. penyelundupan

29. Contoh perbuatan korupsi seperti berikut ini, kecuali....
a. penyuapan
b. pemberian upeti
c. pemberian komisi
d. pemberian dispensasi

30. Faktor-faktor yang mendorang timbulnya korupsi antara lain....
a. lemahnya penegakan hukum
b. pengawasan yang sangat ketat
c. panjangnya dan rumitnya birokrasi
d. lemahnya peraturan perundang-undangan

31. Salah satu akibat tindakan korupsi bagi negara adalah....
a. menghabiskan atau memakan harta kekayaan negara
b. menghabiskan uang pajak yang masuk negara
c. menjadikan negara miskin dan banyak hutang
d. menumbuhkan ketidakadilan dalam hal pendapatan dan kekayaan

32. Lembaga pemerintahan yang diberi tugas khusus untuk memberantas tindak pidana korupsi menurut UU No. 30 tahun 2002 adalah....
a. Polisi
b. Kejaksaan
c. Pengadilan Negeri
d. Komisi Pemberantasan Korupsi
33. Lembaga swadaya masyarakat yang gigih memperjuangkan pemberantasan segala tindak pidana korupsi antara lain....
a. KPK
b. ICW
c. Komnas HAM
d. Pengadilan HAM

34. Agar pemberantasan korupsi dapat berhasil dengan baik diperlukan....
a. hakim yang jujur
b. instrumen pemberantasan korupsi
c. pejabat yang berwibawa
d. jumlah polisi yang memadai

35. Perilaku seseorang yang anti korupsi dapat ditunjukan dengan acara....
a. mengawasi semua kegiatan pejabat negara
b. mengadakan demonstrasi jika ada pejabat yang korupsi
c. benci terhadap pejabat uang korupsi
d. membantu pemerintah di dalam memberantas korupsi

II. Jawablah pernyataan berikut ini dengan jawaban yang tepat
1. Faham yang tidak mengenal Tuhan disebut....
2. Salah satu peristiwa yang ingin menggantikan keberadaan Pancasila adalah....
3. UUD yang pernah berlaku di Indonesia dan dipergunakan paling singkat adalah....
4. Semasa Indonesia menjadi RIS, UUD 1945 tetap berlaku di....
5. Undang-undang sebagai produk hukum di negara kita dibuat oleh....
6. Puncak penyelewengan pada masa Orde Lama adalah terjadinya....
7. Kata”reformasi”berasal dari kata re dan formasi. Formasi artinya....
8. KPK singkatan dari....
9. Lembaga negara yang dihapus akibat adanya amandemen UUD 1945 adalah....
10. Menurut UUD 1945 pasal 1 ayat 2, kedaulatan di negara RI dipegang oleh....

III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
1. Sebutkan 3 dimensi ideologi dan jelaskan masing-masing
2. Sebutkan 3 macam UUD yang berlaku di Indonesia dan jelaskan masing-masing
3. Sebutkan tata urutan perundang-undangan RI berdasar UU No 10 Tahun 2004
4. Sebutkan isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959
5. Sebutkan 3 akibat dari tindakan korupsi

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar Jika Artikel Yang Di Baca Kurang Jelas , dan gunakanlah BHS yg SOPAN

Blogger news

Google+ Followers

Dilindungi oleh UUD 1945. Diberdayakan oleh Blogger.